RPP Kewirausahaan SMK Lengkap Kelas X

Berikut saya bagikan Contoh RPP RPP Kewirausahaan SMK Lengkap Kelas X . semoga bermanfaat bagi kita . amin ya allah :)

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

Indikator                         :  1.   Mengidentifikasi pengertian wirausaha dan kewirausahaan

2.   Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

3.   Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan

4.   Mengidentifikasi kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji dan menganalisis dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausaha, siswa mampu :

  1. Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan dengan baik
  2. Menunjukkan tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan dengan benar
  3. Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha dengan benar
  4. Menerapkan karakteristik wirausahawan seperti disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif dengan baik
  5. Mengidentifikasi karakteristik warausahawan menurut para ahli dengan baik dan benar
  6. Menunjukkan 10 macam kegagalan dan kesuksesan warausahawan berdasarkan karakteristik wirausahawan dengan benar
  7. Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang gagal dan sukses dengan baik

 

II. Materi Ajar

  1. Pengertian kewirausahaan dan wirausaha
  2. Tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan
  3. Sikap dan perilaku wirausahawan
  4. Falsafah dan kebiasaan wirausahawan
  5. Karakteristik wirausahawan menurut para ahli
  6. Karakteristik wirausahawan yang meliputi disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif
  7. Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan

 

III. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Pendahuluan

-         Salam dan presensi

-         Appersepsi materi tentang kewirausahaa

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar

2.      Kegiatan Inti

-         Mengkaji dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausahawan

-         Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan

-         Menganalisis tujuan, asas, sasaran, manfaat, ruang lingkup kewirausahaan

-         Menjelaskan karakteristik wirausahawan menurut ahli

-         Mendiskusikan tentang karakteristik wirausahawan seperti disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif

3.      Kegiatan akhir

-         Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan memberikan informasi berikutnya

 

  1. Pertemuan ke-3 dan ke-4

1.      Pendahuluan

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab materi yang terdahulu

-         Siswa mempelajari materi tentang kegagalan dan kesuksesan wirausahawan

2.      Kegiatan Inti

-         Menganalisis dari berbagai sumber tentang kegagalan dan kesuksesan wirausahawan

-         Mendiskusikan sikap dan perilaku seorang wirausahawan

-         Memahami karakteristik wirausahawan

3.      Kegiatan Akhir

-         Mengadakan evaluasi secara lisan tentang materi yang telah dipelajari dan pembahasan materi yang belum dipahami

 

V. Sumber belajar

  1. Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tibngkat 1, Amrico, Bandung, halaman 13-23
  2. Mardiyatmo, 2005, Kewirausahaan 1 SMK, Yudhistira, Surakarta, halaman 1-41
  3. Suryana, 2005, Memahami Karakteristik, Wirausahawan (Modul 1 SMK), Dinas Pendidikan Yogyakarta, halamn 7-48
  4. ______, 2007, Modul Kewirausahaan SMK 1, UD Putra Waylima, Surakarta, halaman 2-27

VI. Penilaian

-         Teknik : Tes tertulis

-         Bentuk instrument : isisan singkat dan essay

A.     Soal KD 1.1

Isian singkat

1.      Inpres no. 4 tahun 1995 tentang GNMMK, yaitu singkatan dari …..

2.      Wirausaha adalah orang yang berani memaksakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain, ini dikemukakan oleh …..

3.      Sasaran kewirausahaan adalah para pelaku ekonomi terutama …..

4.      Sikap dan perilaku wirausaha yang utama adalah …..

5.      Istilah 10D dikemukakan oleh …..

6.      Mencintai pekerjaan bisnisnya dan hasil produksinya disebut …..

7.      Proses pengembangan kewirausahaan : ketidakpuasan terhadap pekerjaan sekarang termasuk …..

8.      Berusaha mendidik karyawan menjadi mandiri, disiplin, tekun dan jujur merupakan salah satu dari …..

9.      Salah satu penyebab kegagalan adalah bakat yang tidak sesuai. Hal ini disebabkan …..

10.  Salah satu keuntungan menjadi wirausahawan adalah terbukanya peluang untuk …..

 

Essay

1.      Apakah manfaat dari kewirausahaan? (4 saja)

2.      Jelaskan keterampilan-keterampilan yang harus dipunyai wirausahawan yang dapat menunjang keberhasilan!

3.      Sebutkan 10 macam kegagalan dalam berwirausaha!

4.      Tuliskan karakteristik wirausahawan menurut Wasty Sumanto!

5.      Sebutkan factor pemicu (Triggering Event) untuk terjun dalam dunia bisnis! (4 saja)

 

B.     Kunci Jawaban

Jawaban singkat

1.      Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudidayakan Kewirausahaan

2.      Gede Perma

3.      pengusaha kecil

4.      bekerja tekun, teliti, produktif

5.      By Grave

6.      devotion

7.      Triggering Event

8.      manfaat kewirausahaan

9.      kurang mengenal jenis usaha yang dipilih

10.  menjadi bos sendiri

 

Essay

1.      – menambah lapangan kerja

-   sebagai generator pembangunan

-   berusaha mendidik karyawannya menjadi orang yang mandiri

-   berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien

2.      a.   Keterampilan dasar :

-   memiliki sikap mental dan spiritual yang tinggi

-   memiliki kepribadian yang unggul

-   pandai berinisiatif

-   dapat mengkoordinasikan semua kegiatan usaha

b.      Keterampilan khusus

-   Conceptual skill à melakukan kegiatan usaha secara menyeluruh

-   Technical skill à melakukan teknik tertentu dalam mengelola usaha

-   Human skill à mampu bekerja sama dengan orang lain

3.      a. tidak adanya perencanaan yang matang

b. bakat yang tidak cocok

c. kurang pengalaman

d. tidak mempunyai semangat wirausaha

e. kurangnya modal

f. lemahnya pemasaran

g. tidak mempunyai etos kerja yang tinggi

h. tidak disiplin, efektif dan efisien

i. tidak mandiri

j. tidak hati-hati

4.      a. memiliki moral yang tinggi

b. sikap mental wirausaha

c. kepekaan terhadap arti lingkungan

d. keterampilan wiraswasta

5.      a. adanya komitmen yang tinggi dalam berwirausaha

b. adanya keberanian menanggung resiko

c. adanya PHK

d. adanya ketidakpuasan dengan pekerjaan sekarang

 

 

 

C.     Pedoman Penilaian

a.       jawab singkat à no 1-10, setiap soal berbobot 2

b.      Essay à no 1 =10, no 2 = 20, no 3 = 10, n0 4 = 10, no 5 = 10

 

Jumlah skor semua : Jawaban singkat  = 20

Essay                   = 60

Jumlah skor x 10 = 100

8

 

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

2.   Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif

3.   Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif, yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja mawas diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat

4.   Menjelaskan pembinaan perilaku kerja prestattif melalui latihan

5.   Menjelaskan motivasi dalam bekerja

Alokasi Waktu                :  6 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif dengan baik

2.      Menyebutkan karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif dengan benar

3.      Mengidentifikasi ciri dan sifat kerja prestatif secara benar

4.      Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja mawas diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dengan benar

5.      Menjelaskan pentingnya pembinaan perilaku kerja prestatif melalui latihan dengan benar

6.      Menyebutkan metode-metode latihan dengan benar

7.      Menjelaskan motivasi dalam bekerja dengan benar

 

II. Materi Ajar

1.      Pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

2.      Karakteristik wirausahawan yang bekerja prestatif

3.      Bentuk-bentuk kerja prestatif

4.      Metode latihan

5.      Motivasi kerja

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Penugasan

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Pendahuluan

-         salam

-         presensi

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar

2.      Kegiatan inti

-         Mengkaji pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

-         Menganalisis karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif

-         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku kerja prestatif

-         Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat

3.      Kegiatan penutup

-         membahas soal dan tugas yang akan diberikan

 

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan

-         salam

-         presensi

-         appersepsi materi yang sudah

-         siswa mempelajari materi sesuai kompetensi

  1. Kegiatan inti

-         Mengkaji pentingnya latihan dan pembinaan perilaku kerja prestatif

-         Mendiskusikan kesiapan SDM Indonesia di era globalisasi

-         Mengidentifikasi cara-cara latihan kerja prestatif

-         Mendiskusikan motivasi dalam bekerja sebagai aktualisasi diri

  1. Kegiatan akhir

-         Mengadakan evaluasi tentang bentuk perilaku kerja prestatif

 

 

 

 

 

V. Sumber Belajar

1.      Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tingkat 1, Amrico, Bandung, halaman 5-26

2.      Mardiyanto, 2005, Kewirausahaan SMK Kelas 1, Yudhistira, Surakarta, halaman 40

3.      Ika Putera Waspada, Kiat Mengembangkan Sikap dan Perilaku Kerja Prestatif (Modul 7 SMK), Dinas Pendidikan Yogyakarta, halaman 7-35

4.      _______, 2007, Modul Kewirausahaan SMK 1, UD Putra Waylima, Surakarta, halaman 35-43

 

VI. Penilaian

-         Bentuk : tes tertulis

-         Bnetuk instrument : essay dan pilihan ganda

A.     Soal KD 1.2

Essay

1.      Sebutkan 5 karakteristik wirausahawan menurut Zimmerer!

2.      Berikan contoh bentuk-bentuk kerja prestatif, masing-masing satu!

3.      Jelaskan teori kebutuhan menurut Maslow!

4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan semangat kerja/motivasi kerja!

5.      Apakah manfaat latihan bagi pembinaan perilaku kerja prestatif?

 

Pilihan Ganda

1.      Orang yang selalu berambisi ingin maju, disebut perilaku kerja …..

a.       Prestatif

b.      Komitmen tinggi

c.       Kreatif

d.      Inovatif

e.       Ambisius

 

2.      Empat sisi potensial manusia seperti self awareness, conscience, independent will dan creative imagination dikemukakan oleh …..

 

a.       Robbin                                                 d.   Maslow

b.      Wasty Sumanto                                    e.   Zimmerer

c.       Stephen Covey

 

3.      Energik, inisiatif, kemampuan mengambil resiko dan suka tantangan merupakan bagian dari profil wirausahawan yang memiliki ciri-ciri prestatif, yaitu …..

 

a.       Mandiri                                                d.   kepemimpinan

b.      berorientasi kecil                                   e.   kepemimpinan

c.       berorientasi ke masa depan

 

 

 

4.      Apprentice Training artinya …..

a.       mendapatkan pekerjaan baru

b.      mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya

c.       kesempatan kerja

d.      kepercayaan bekerja

e.       latihan kerja

5.      Dilligence, integrity, carefulness, dedication merupakan bagian dari ciri sikap .

 

a.       bekerja prestasi                                       d.   bekerja cerdas

b.      bekerja baik                                            e.   bekerja tuntas

c.       bekerja tekun

 

B.     Kunci Jawaban

Essay

1.      –     memiliki komitmen tinggi

-         mau bertanggung jawab

-         mempunyai obsesi prestasi tinggi

-         toleransi untuk mencapai kebimbangan dan ketidakpastian

-         yakin pada dirinya sendiri

-         kreatif dan fleksibel

2.      – kerja ikhlas à seorang pegawai bekerja dengan ikhlas walau gajinya kecil

-  kerja cerdas à seorang insinyur mengerjakan pekerjaan membuat rumah dengan hitungan yang tepat

- kerja tuntas à seorang wirausaha merencanakan dan menjalankan usaha dengan baik dan mendapat hasil kerja yang maksimal

- kerja keras à seorang pedagang sayuran berangkat malam hari dan pulang tanpa mempedulikan cuaca

- kerja mawas diri terhadap emosional à seorang guru yang ….

3.      – kebutuhan fisiologi à kebutuhan dasar manusia seperti makan, minum, istirahat, dll

- kebutuhan rasa aman, bebas dari ancaman fisik dan psikis

- kebutuhan akan penghargaan à penghargaan akan kemampuan

- kebutuhan aktualiasasi diri à mengembangkan potensi semaksimal mungkin

4.      Motivasi kerja adalah dorongan untuk melakukan pekerjaan untuk menghasilkan prestasi yang lebih baik

5.      a. meningkatkan kemampuan bekerja prestatif

b. mengembangkan ilmu pengetahuan

c. mengembangkan rasa kesetiakawanan

d. mengambangkan daya kreatifitas

e. mengurangi pengawasan pekerjaan

 

Pilihan Ganda

1.      A

2.      C

3.      E

4.      B

5.      B

 

C.     Pedoman Penilaian

Essay à no 1 = 5, no 2 = 20, no 3 = 10, no 4 = 5, no 5 = 5

Pilihan ganda à no 1-5, setiap soal berbobot 1

Jumlah skor : essay = 45

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.3 Merumuskan solusi masalah

Indikator                         :  1.   Menyadari dan memahami masalah

2.   Menunjukkan penyebab terjadinya masalah

3.   Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah baik individu maupun kelompok

4.   Mengolah informasi

5.   Menentukan alternative yang dipilih dan solusi masalah dengan cermat dan teliti

6.   Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.      Menyadari dan memahami masalah dengan baik

2.      Menunjukkan penyebab terjadinya masalah

3.      Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah, baik individu atau kelompok dengan baik dan benar

4.      Mengolah informasi dengan benar

5.      Menganalisis alternatif-alternatif solusi masalah dengan cermat dan teliti dengan baik

6.      Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya dengan baik

 

II. Materi Ajar

1.      Pengertian, ciri-ciri dan jenis masalah

2.      Teknik-teknik pemecahan masalah

3.      Identifikasi masalah dan penyebab masalah

4.      Sumber-sumber informasi

5.      Mencari dan menentukan alternative pemecahan masalah

6.      Pertimbangan dalam merumuskan masalah

7.      Dampak dari pengambilan keputusan

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Pemberian tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

-         siswa mempelajari materi sesuai kompetensi

2.      Kegiatan inti

-         Menganalisis pengertian, ciri, dan jenis-jenis masalah

-         Mengkaji dari berbagai sumber tentang masalah sehingga dapat membedakan masalah dan bukan masalah

-         Mengidentifikasikan masalah dan penyebab terjadinya masalah

-         Mendiskusikan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah

3.      Kegiatan akhir

-         Menanggapi masalah yang dibuat siswa (penugasan)

 

Pertemuan ke-3 dan ke-4

  1. Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi yang sesuai

  1. Kegiatan inti

-         Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah

-         Mengkaji sumber informasi di lapangan

-         Mengkaji alternatif-alternatif pemecahan masalah

-         Mendiskusikan alternative yang dipilih dalam solusi masalah dengan cermat dan teliti

-         Penugasan

  1. Kegiatan akhir

-         Membahas dan mengevaluasi tugas yang telah dibuat

 

 

V. Sumber Belajar

-         Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tingkat 1, Amrico, Bandung, halaman 95-101

-         Mardiyatmo, 2005, Kewirausahaan 1 SMK, Yudhistira, Surakarta, halaman 73-78

-         ______, 2007, Modul Kewirausahaan 1, UD Putra Waylima, Surakarta, halaman 44-53

 

VI. Penilaian

-         Teknik : tes tertulis

-         Bentuk instrument : essay dan menjodohkan

A.     Soal KD 1.3

Menjodohkan

1.      hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan disebut …..

2.      Kesulitan dalam belajar bahasa Inggris termasuk …..

3.      Turunnya omset penjualan termasuk …..

4.      Curah pendapat sama istilahnya dengan …..

5.      Transformasi permasalahan merupakan metode …..

  1. masalah individu
  2. Brain Stroming
  3. Pengertian masalah
  4. Synectic
  5. Masalah organisasi

 

Essay

1.      Jelaskan jenis-jenis masalah!

2.      Sebutkan 5 langkah pemikiran ilmiah dalam pemecahan masalah!

3.      Sebutkan sumber-sumber informasi sekunder!

4.      Apakah manfaat dari pengambilan keputusan selalu ada keraguan dan ketidak setujuan?

5.      Sebutkan 5 ciri masalah menurut Dewey!

 

B.     Kunci Jawaban

Menjodohkan

1.      C

2.      A

3.      E

4.      B

5.      D

 

Essay

1.      – Masalah individu à masalah yang dihadapi oleh diri individu

- Masalah organisasi à masalah yang dihadapi organisais baik organisasi profit maupun non profit

- Masalah social/masyarakat à masalah yang ada di masyarakat sebagai akibat aktivitas masyarakat itu sendiri

2.      – merumuskan tujuan

- merumuskan permasalahan

-   menghimpun fakta-fakta

-   mengolah fakta-fakta

-   memilih alternative yang tepat

-   meyakini suatu gagasan

3.      – KADIN

-   media massa

-   biro statistic

-   pemerintah

-   catatan intern perusahaan

4.      a. merangsang daya imajinasi dan kreatifitas

b. Penerimaan bersama dalam keputusan

c. memperkaya alternative untuk melahirkan keputusan yang mantap

5.      a. Merasa bimbang, bingung dan kesulitan

b. Merumuskan masalah yang ingin dipecahkan

c. Menguji hipotesis dengan mengumpulkan data

d. Mengembangkan ide untuk memperoleh pemecahan masalah yang terbaik

e. Mengambil kesimpulan yang didukung oleh fakta

 

C.     Penilaian

menjodohkan : no 1-5, setiap soal berbobot 1

essay : no 1= 10, no 2 = 5, no 3 = 5, no 4 = 10, n0 5 = 5

nilai akhir = skor maksimal x 100

4

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.4 Mengembangkan semangat berwirausaha

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha

2.   Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha

3.   Mengidentifikasi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha

4.   Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat wirausaha

5.   Menciptakan semangat kreatifitas, inovasi dan motivasi

Alokasi Waktu                :  6 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji berbagai sumber tentang semangat berwirausaha, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha dengan baik

2.      Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha dengan benar

3.      memahami prinsip kerja efisien dan efektif dengan baik

4.      Menerapkan pengertian kreatifitas, inovasi dan motivasi dengan baik

5.      Menyebutkan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha dengan benar

6.      Mengidentifikasi sebab-sebab tidak memiliki semangat kerja dengan benar

 

II. Materi Ajar

1.      Pengertian semangat kerja

2.      Inovatif

3.      Kreatif

4.      Motivasi

5.      Sikap bekerja efektif dan efisien

6.      Cara meningkatkan semangat kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Penugasan/Menjawab angket

 

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

1.      Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         Tanya jawab

2.      Kegiatan inti

-         menjelaskan pengertian semangat berwirausaha

-         menjelaskan pengertian inovatif, kreativitas, motivasi dan manfaat masing-masing

-         mendiskusikan perbedaan bekerja berdasarkan semangat berwirausaha dengan yang tidak

3.      Kegiatan akhir

-     pembahasan hasil diskusi dan informasi untuk pertemuan berikutnya

 

Pertemuan ke-2

  1. Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         tes secara lisan

  1. Kegiatan inti

-         Mengidentifiksi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha

-         Menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha

-         Menjelaskan perilaku kerja efisien dan efektif

-         Penugasan : membuat makalah tentang cara-cara semangat kerja dan berjiwa mandiri

  1. Kegiatan akhir

-         kesimpulan : mempresentasikan makalah

 

Pertemuan ke-3

1.      Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         tes secara lisan

2.      Kegiatan inti

-         menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat wirausaha

-         Mendiskusikan makalah tentang semangat kerja dan berjiwa mandiri

3.      Kegiatan akhir

-         membahas diskusi dan membuat kesimpulan hasil diskusi

 

 

 

 

V. Sumber Belajar

-         Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tingkat 1, Amrico, Bandung, hal 26-29, hal 43-44, hal 83-90

-         ______, 2007, Modul Kewirausahaan SMK 1, UD Putra Waylima, Surakarta, hal 56-60

 

VI. Penilaian

-         Bentuk : tes tertulis

-         Bnetuk instrument : essay

A.     Soal KD 1.4

Essay

1.      Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang semangat wirausaha?

2.      Sebutkan 5 ciri manusia kreatif menurut A. Roe!

3.      Apakah yang dimaksud dengan

a.             Kreatif

b.            Inovatif

4.      Bagaimanakah cara menanamkan kreatifitas pada setiap individu?

5.      Buatlah 2 contoh kegiatan siswa SMK yang mencerminkan kreatifitas!

6.      Sebutkan 5 cara meningkatkan semangat kerja!

7.      Berikan 5 alasan mengapa semangat kerja itu penting bagi wirausaha!

 

B.     Kunci Jawaban

1.      Semangat wirausaha à sikap kejiwaan yang dimiliki oleh wirausaha untuk bekerja giat dengan mencurahkan segala macam kemampuannya sehingga dapat menjalankan dan mencapai tujuan usaha secara optimal

2.      –     keterbukaan pada pengalaman

-         keingintahuan

-         menerima dan menyesuaikan yang kelihatan berlawanan

-         dapat menerima perbedaan

-         melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa

-         independent dalam pertimbangan, pemikiran dan tindakan

-         percaya pada diri sendiri

-         tekun

-         mau mengambil resiko yang telah diperhitungkan

3.      – kreatif à kemampuan membuat kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antara variabel data dan unsur yang sudah ada sebelumnya

-   efisiensi kerja à segala sesuatu yang dapat dikerjakan dengan berdaya guna atau segala sesuatu yang dapat diselesaikan dengan tepat, cepat, hemat, dan selamat

4.      – menggunakan akal sehat

-   menghapus perasaan keragu-raguan

-   mengenali lingkungan

-   mengembangkan perspektif fungsional

5.      – Para siswa SMK membuat sepatu roda, yaotu gabungan sepatu dan roda

-   Seorang siswa SMK membuat piramida, gedung, mobil-mobilan, dll dari batang korek api

6.      – menerapkan kreatifitas dan inovasi

-   berjiwa mandiri

-   bekerja secara efektif dan efisien

-   Selalu ingin maju

-   Inovasi

7.      – Pekerjaan lebih cepat diselesaikan

- Kerusakan dapat dikurangi

- Tercapai efisiensi kerja

- Tercapai produktifitas kerja yang tinggi

- Lebih cepat mencapai kemajuan usaha

 

C.     Pedoman Penilaian

No 1 = 5, no 2 = 5, no 3 = 10, no 4 = 10, no 5 = 10, no 6 = 5, no 7 = 5

Jumlah skor x 10

5

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

Indikator                         :  1.   Mengidentifikasi pengertian wirausaha dan kewirausahaan

2.   Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha

3.   Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan

4.   Mengidentifikasi kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji dan menganalisis dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausaha, siswa mampu :

  1. Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan dengan baik
  2. Menunjukkan tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan dengan benar
  3. Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha dengan benar
  4. Menerapkan karakteristik wirausahawan seperti disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif dengan baik
  5. Mengidentifikasi karakteristik warausahawan menurut para ahli dengan baik dan benar
  6. Menunjukkan 10 macam kegagalan dan kesuksesan warausahawan berdasarkan karakteristik wirausahawan dengan benar
  7. Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang gagal dan sukses dengan baik

 

II. Materi Ajar

  1. Pengertian kewirausahaan dan wirausaha
  2. Tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan
  3. Sikap dan perilaku wirausahawan
  4. Falsafah dan kebiasaan wirausahawan
  5. Karakteristik wirausahawan menurut para ahli
  6. Karakteristik wirausahawan yang meliputi disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif
  7. Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan

 

III. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah bervariasi
  2. Diskusi
  3. Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Pendahuluan

-         Salam dan presensi

-         Appersepsi materi tentang kewirausahaa

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar

2.      Kegiatan Inti

-         Mengkaji dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausahawan

-         Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan

-         Menganalisis tujuan, asas, sasaran, manfaat, ruang lingkup kewirausahaan

-         Menjelaskan karakteristik wirausahawan menurut ahli

-         Mendiskusikan tentang karakteristik wirausahawan seperti disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif

3.      Kegiatan akhir

-         Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan memberikan informasi berikutnya

 

  1. Pertemuan ke-3 dan ke-4

1.      Pendahuluan

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab materi yang terdahulu

-         Siswa mempelajari materi tentang kegagalan dan kesuksesan wirausahawan

2.      Kegiatan Inti

-         Menganalisis dari berbagai sumber tentang kegagalan dan kesuksesan wirausahawan

-         Mendiskusikan sikap dan perilaku seorang wirausahawan

-         Memahami karakteristik wirausahawan

3.      Kegiatan Akhir

-         Mengadakan evaluasi secara lisan tentang materi yang telah dipelajari dan pembahasan materi yang belum dipahami

 

V. Sumber belajar

  1. Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tibngkat 1, Amrico, Bandung, halaman 13-23
  2. Mardiyatmo, 2005, Kewirausahaan 1 SMK, Yudhistira, Surakarta, halaman 1-41
  3. Suryana, 2005, Memahami Karakteristik, Wirausahawan (Modul 1 SMK), Dinas Pendidikan Yogyakarta, halamn 7-48
  4. ______, 2007, Modul Kewirausahaan SMK 1, UD Putra Waylima, Surakarta, halaman 2-27

VI. Penilaian

-         Teknik : Tes tertulis

-         Bentuk instrument : isisan singkat dan essay

A.     Soal KD 1.1

Isian singkat

1.      Inpres no. 4 tahun 1995 tentang GNMMK, yaitu singkatan dari …..

2.      Wirausaha adalah orang yang berani memaksakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain, ini dikemukakan oleh …..

3.      Sasaran kewirausahaan adalah para pelaku ekonomi terutama …..

4.      Sikap dan perilaku wirausaha yang utama adalah …..

5.      Istilah 10D dikemukakan oleh …..

6.      Mencintai pekerjaan bisnisnya dan hasil produksinya disebut …..

7.      Proses pengembangan kewirausahaan : ketidakpuasan terhadap pekerjaan sekarang termasuk …..

8.      Berusaha mendidik karyawan menjadi mandiri, disiplin, tekun dan jujur merupakan salah satu dari …..

9.      Salah satu penyebab kegagalan adalah bakat yang tidak sesuai. Hal ini disebabkan …..

10.  Salah satu keuntungan menjadi wirausahawan adalah terbukanya peluang untuk …..

 

Essay

1.      Apakah manfaat dari kewirausahaan? (4 saja)

2.      Jelaskan keterampilan-keterampilan yang harus dipunyai wirausahawan yang dapat menunjang keberhasilan!

3.      Sebutkan 10 macam kegagalan dalam berwirausaha!

4.      Tuliskan karakteristik wirausahawan menurut Wasty Sumanto!

5.      Sebutkan factor pemicu (Triggering Event) untuk terjun dalam dunia bisnis! (4 saja)

 

B.     Kunci Jawaban

Jawaban singkat

1.      Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudidayakan Kewirausahaan

2.      Gede Perma

3.      pengusaha kecil

4.      bekerja tekun, teliti, produktif

5.      By Grave

6.      devotion

7.      Triggering Event

8.      manfaat kewirausahaan

9.      kurang mengenal jenis usaha yang dipilih

10.  menjadi bos sendiri

 

Essay

1.      – menambah lapangan kerja

-   sebagai generator pembangunan

-   berusaha mendidik karyawannya menjadi orang yang mandiri

-   berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien

2.      a.   Keterampilan dasar :

-   memiliki sikap mental dan spiritual yang tinggi

-   memiliki kepribadian yang unggul

-   pandai berinisiatif

-   dapat mengkoordinasikan semua kegiatan usaha

b.      Keterampilan khusus

-   Conceptual skill à melakukan kegiatan usaha secara menyeluruh

-   Technical skill à melakukan teknik tertentu dalam mengelola usaha

-   Human skill à mampu bekerja sama dengan orang lain

3.      a. tidak adanya perencanaan yang matang

b. bakat yang tidak cocok

c. kurang pengalaman

d. tidak mempunyai semangat wirausaha

e. kurangnya modal

f. lemahnya pemasaran

g. tidak mempunyai etos kerja yang tinggi

h. tidak disiplin, efektif dan efisien

i. tidak mandiri

j. tidak hati-hati

4.      a. memiliki moral yang tinggi

b. sikap mental wirausaha

c. kepekaan terhadap arti lingkungan

d. keterampilan wiraswasta

5.      a. adanya komitmen yang tinggi dalam berwirausaha

b. adanya keberanian menanggung resiko

c. adanya PHK

d. adanya ketidakpuasan dengan pekerjaan sekarang

 

 

 

C.     Pedoman Penilaian

a.       jawab singkat à no 1-10, setiap soal berbobot 2

b.      Essay à no 1 =10, no 2 = 20, no 3 = 10, n0 4 = 10, no 5 = 10

 

Jumlah skor semua : Jawaban singkat  = 20

Essay                   = 60

Jumlah skor x 10 = 100

8

 

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

2.   Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif

3.   Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif, yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja mawas diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat

4.   Menjelaskan pembinaan perilaku kerja prestattif melalui latihan

5.   Menjelaskan motivasi dalam bekerja

Alokasi Waktu                :  6 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif dengan baik

2.      Menyebutkan karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif dengan benar

3.      Mengidentifikasi ciri dan sifat kerja prestatif secara benar

4.      Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja mawas diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat dengan benar

5.      Menjelaskan pentingnya pembinaan perilaku kerja prestatif melalui latihan dengan benar

6.      Menyebutkan metode-metode latihan dengan benar

7.      Menjelaskan motivasi dalam bekerja dengan benar

 

II. Materi Ajar

1.      Pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

2.      Karakteristik wirausahawan yang bekerja prestatif

3.      Bentuk-bentuk kerja prestatif

4.      Metode latihan

5.      Motivasi kerja

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Penugasan

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Pendahuluan

-         salam

-         presensi

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi sesuai dengan kompetensi dasar

2.      Kegiatan inti

-         Mengkaji pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif

-         Menganalisis karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif

-         Mendiskusikan contoh-contoh perilaku kerja prestatif

-         Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat

3.      Kegiatan penutup

-         membahas soal dan tugas yang akan diberikan

 

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan

-         salam

-         presensi

-         appersepsi materi yang sudah

-         siswa mempelajari materi sesuai kompetensi

  1. Kegiatan inti

-         Mengkaji pentingnya latihan dan pembinaan perilaku kerja prestatif

-         Mendiskusikan kesiapan SDM Indonesia di era globalisasi

-         Mengidentifikasi cara-cara latihan kerja prestatif

-         Mendiskusikan motivasi dalam bekerja sebagai aktualisasi diri

  1. Kegiatan akhir

-         Mengadakan evaluasi tentang bentuk perilaku kerja prestatif

 

 

 

 

 

V. Sumber Belajar

1.      Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tingkat 1, Amrico, Bandung, halaman 5-26

2.      Mardiyanto, 2005, Kewirausahaan SMK Kelas 1, Yudhistira, Surakarta, halaman 40

3.      Ika Putera Waspada, Kiat Mengembangkan Sikap dan Perilaku Kerja Prestatif (Modul 7 SMK), Dinas Pendidikan Yogyakarta, halaman 7-35

4.      _______, 2007, Modul Kewirausahaan SMK 1, UD Putra Waylima, Surakarta, halaman 35-43

 

VI. Penilaian

-         Bentuk : tes tertulis

-         Bnetuk instrument : essay dan pilihan ganda

A.     Soal KD 1.2

Essay

1.      Sebutkan 5 karakteristik wirausahawan menurut Zimmerer!

2.      Berikan contoh bentuk-bentuk kerja prestatif, masing-masing satu!

3.      Jelaskan teori kebutuhan menurut Maslow!

4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan semangat kerja/motivasi kerja!

5.      Apakah manfaat latihan bagi pembinaan perilaku kerja prestatif?

 

Pilihan Ganda

1.      Orang yang selalu berambisi ingin maju, disebut perilaku kerja …..

a.       Prestatif

b.      Komitmen tinggi

c.       Kreatif

d.      Inovatif

e.       Ambisius

 

2.      Empat sisi potensial manusia seperti self awareness, conscience, independent will dan creative imagination dikemukakan oleh …..

 

a.       Robbin                                                 d.   Maslow

b.      Wasty Sumanto                                    e.   Zimmerer

c.       Stephen Covey

 

3.      Energik, inisiatif, kemampuan mengambil resiko dan suka tantangan merupakan bagian dari profil wirausahawan yang memiliki ciri-ciri prestatif, yaitu …..

 

a.       Mandiri                                                d.   kepemimpinan

b.      berorientasi kecil                                   e.   kepemimpinan

c.       berorientasi ke masa depan

 

 

 

4.      Apprentice Training artinya …..

a.       mendapatkan pekerjaan baru

b.      mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya

c.       kesempatan kerja

d.      kepercayaan bekerja

e.       latihan kerja

5.      Dilligence, integrity, carefulness, dedication merupakan bagian dari ciri sikap .

 

a.       bekerja prestasi                                       d.   bekerja cerdas

b.      bekerja baik                                            e.   bekerja tuntas

c.       bekerja tekun

 

B.     Kunci Jawaban

Essay

1.      –     memiliki komitmen tinggi

-         mau bertanggung jawab

-         mempunyai obsesi prestasi tinggi

-         toleransi untuk mencapai kebimbangan dan ketidakpastian

-         yakin pada dirinya sendiri

-         kreatif dan fleksibel

2.      – kerja ikhlas à seorang pegawai bekerja dengan ikhlas walau gajinya kecil

-  kerja cerdas à seorang insinyur mengerjakan pekerjaan membuat rumah dengan hitungan yang tepat

- kerja tuntas à seorang wirausaha merencanakan dan menjalankan usaha dengan baik dan mendapat hasil kerja yang maksimal

- kerja keras à seorang pedagang sayuran berangkat malam hari dan pulang tanpa mempedulikan cuaca

- kerja mawas diri terhadap emosional à seorang guru yang ….

3.      – kebutuhan fisiologi à kebutuhan dasar manusia seperti makan, minum, istirahat, dll

- kebutuhan rasa aman, bebas dari ancaman fisik dan psikis

- kebutuhan akan penghargaan à penghargaan akan kemampuan

- kebutuhan aktualiasasi diri à mengembangkan potensi semaksimal mungkin

4.      Motivasi kerja adalah dorongan untuk melakukan pekerjaan untuk menghasilkan prestasi yang lebih baik

5.      a. meningkatkan kemampuan bekerja prestatif

b. mengembangkan ilmu pengetahuan

c. mengembangkan rasa kesetiakawanan

d. mengambangkan daya kreatifitas

e. mengurangi pengawasan pekerjaan

 

Pilihan Ganda

1.      A

2.      C

3.      E

4.      B

5.      B

 

C.     Pedoman Penilaian

Essay à no 1 = 5, no 2 = 20, no 3 = 10, no 4 = 5, no 5 = 5

Pilihan ganda à no 1-5, setiap soal berbobot 1

Jumlah skor : essay = 45

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.3 Merumuskan solusi masalah

Indikator                         :  1.   Menyadari dan memahami masalah

2.   Menunjukkan penyebab terjadinya masalah

3.   Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah baik individu maupun kelompok

4.   Mengolah informasi

5.   Menentukan alternative yang dipilih dan solusi masalah dengan cermat dan teliti

6.   Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya

Alokasi Waktu                :  8 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :

1.      Menyadari dan memahami masalah dengan baik

2.      Menunjukkan penyebab terjadinya masalah

3.      Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah, baik individu atau kelompok dengan baik dan benar

4.      Mengolah informasi dengan benar

5.      Menganalisis alternatif-alternatif solusi masalah dengan cermat dan teliti dengan baik

6.      Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya dengan baik

 

II. Materi Ajar

1.      Pengertian, ciri-ciri dan jenis masalah

2.      Teknik-teknik pemecahan masalah

3.      Identifikasi masalah dan penyebab masalah

4.      Sumber-sumber informasi

5.      Mencari dan menentukan alternative pemecahan masalah

6.      Pertimbangan dalam merumuskan masalah

7.      Dampak dari pengambilan keputusan

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Pemberian tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1 dan ke-2

1.      Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

-         siswa mempelajari materi sesuai kompetensi

2.      Kegiatan inti

-         Menganalisis pengertian, ciri, dan jenis-jenis masalah

-         Mengkaji dari berbagai sumber tentang masalah sehingga dapat membedakan masalah dan bukan masalah

-         Mengidentifikasikan masalah dan penyebab terjadinya masalah

-         Mendiskusikan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah

3.      Kegiatan akhir

-         Menanggapi masalah yang dibuat siswa (penugasan)

 

Pertemuan ke-3 dan ke-4

  1. Kegiatan awal

-         Salam dan presensi

-         Tanya jawab

-         Siswa mempelajari materi yang sesuai

  1. Kegiatan inti

-         Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah

-         Mengkaji sumber informasi di lapangan

-         Mengkaji alternatif-alternatif pemecahan masalah

-         Mendiskusikan alternative yang dipilih dalam solusi masalah dengan cermat dan teliti

-         Penugasan

  1. Kegiatan akhir

-         Membahas dan mengevaluasi tugas yang telah dibuat

 

 

V. Sumber Belajar

-         Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tingkat 1, Amrico, Bandung, halaman 95-101

-         Mardiyatmo, 2005, Kewirausahaan 1 SMK, Yudhistira, Surakarta, halaman 73-78

-         ______, 2007, Modul Kewirausahaan 1, UD Putra Waylima, Surakarta, halaman 44-53

 

VI. Penilaian

-         Teknik : tes tertulis

-         Bentuk instrument : essay dan menjodohkan

A.     Soal KD 1.3

Menjodohkan

1.      hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan disebut …..

2.      Kesulitan dalam belajar bahasa Inggris termasuk …..

3.      Turunnya omset penjualan termasuk …..

4.      Curah pendapat sama istilahnya dengan …..

5.      Transformasi permasalahan merupakan metode …..

  1. masalah individu
  2. Brain Stroming
  3. Pengertian masalah
  4. Synectic
  5. Masalah organisasi

 

Essay

1.      Jelaskan jenis-jenis masalah!

2.      Sebutkan 5 langkah pemikiran ilmiah dalam pemecahan masalah!

3.      Sebutkan sumber-sumber informasi sekunder!

4.      Apakah manfaat dari pengambilan keputusan selalu ada keraguan dan ketidak setujuan?

5.      Sebutkan 5 ciri masalah menurut Dewey!

 

B.     Kunci Jawaban

Menjodohkan

1.      C

2.      A

3.      E

4.      B

5.      D

 

Essay

1.      – Masalah individu à masalah yang dihadapi oleh diri individu

- Masalah organisasi à masalah yang dihadapi organisais baik organisasi profit maupun non profit

- Masalah social/masyarakat à masalah yang ada di masyarakat sebagai akibat aktivitas masyarakat itu sendiri

2.      – merumuskan tujuan

- merumuskan permasalahan

-   menghimpun fakta-fakta

-   mengolah fakta-fakta

-   memilih alternative yang tepat

-   meyakini suatu gagasan

3.      – KADIN

-   media massa

-   biro statistic

-   pemerintah

-   catatan intern perusahaan

4.      a. merangsang daya imajinasi dan kreatifitas

b. Penerimaan bersama dalam keputusan

c. memperkaya alternative untuk melahirkan keputusan yang mantap

5.      a. Merasa bimbang, bingung dan kesulitan

b. Merumuskan masalah yang ingin dipecahkan

c. Menguji hipotesis dengan mengumpulkan data

d. Mengembangkan ide untuk memperoleh pemecahan masalah yang terbaik

e. Mengambil kesimpulan yang didukung oleh fakta

 

C.     Penilaian

menjodohkan : no 1-5, setiap soal berbobot 1

essay : no 1= 10, no 2 = 5, no 3 = 5, no 4 = 10, n0 5 = 5

nilai akhir = skor maksimal x 100

4

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                 :  SMK AL-HURIYYAH

Mata Pelajaran                :  Kewirausahaan

Kelas/Semester               :  I / I

Standar Kompetensi        :  Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha

Kompetensi Dasar           :  1.4 Mengembangkan semangat berwirausaha

Indikator                         :  1.   Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha

2.   Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha

3.   Mengidentifikasi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha

4.   Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat wirausaha

5.   Menciptakan semangat kreatifitas, inovasi dan motivasi

Alokasi Waktu                :  6 x 45’

 

I. Tujuan Pembelajaran

Setelah siswa mengkaji berbagai sumber tentang semangat berwirausaha, siswa mampu :

1.      Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha dengan baik

2.      Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha dengan benar

3.      memahami prinsip kerja efisien dan efektif dengan baik

4.      Menerapkan pengertian kreatifitas, inovasi dan motivasi dengan baik

5.      Menyebutkan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha dengan benar

6.      Mengidentifikasi sebab-sebab tidak memiliki semangat kerja dengan benar

 

II. Materi Ajar

1.      Pengertian semangat kerja

2.      Inovatif

3.      Kreatif

4.      Motivasi

5.      Sikap bekerja efektif dan efisien

6.      Cara meningkatkan semangat kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja

 

III. Metode Pembelajaran

1.      Ceramah bervariasi

2.      Diskusi

3.      Penugasan/Menjawab angket

 

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

1.      Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         Tanya jawab

2.      Kegiatan inti

-         menjelaskan pengertian semangat berwirausaha

-         menjelaskan pengertian inovatif, kreativitas, motivasi dan manfaat masing-masing

-         mendiskusikan perbedaan bekerja berdasarkan semangat berwirausaha dengan yang tidak

3.      Kegiatan akhir

-     pembahasan hasil diskusi dan informasi untuk pertemuan berikutnya

 

Pertemuan ke-2

  1. Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         tes secara lisan

  1. Kegiatan inti

-         Mengidentifiksi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha

-         Menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha

-         Menjelaskan perilaku kerja efisien dan efektif

-         Penugasan : membuat makalah tentang cara-cara semangat kerja dan berjiwa mandiri

  1. Kegiatan akhir

-         kesimpulan : mempresentasikan makalah

 

Pertemuan ke-3

1.      Kegiatan awal

-         salam dan presensi

-         tes secara lisan

2.      Kegiatan inti

-         menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat wirausaha

-         Mendiskusikan makalah tentang semangat kerja dan berjiwa mandiri

3.      Kegiatan akhir

-         membahas diskusi dan membuat kesimpulan hasil diskusi

 

 

 

 

V. Sumber Belajar

-         Ating, 2004, Kewirausahaan SMK tingkat 1, Amrico, Bandung, hal 26-29, hal 43-44, hal 83-90

-         ______, 2007, Modul Kewirausahaan SMK 1, UD Putra Waylima, Surakarta, hal 56-60

 

VI. Penilaian

-         Bentuk : tes tertulis

-         Bnetuk instrument : essay

A.     Soal KD 1.4

Essay

1.      Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang semangat wirausaha?

2.      Sebutkan 5 ciri manusia kreatif menurut A. Roe!

3.      Apakah yang dimaksud dengan

a.             Kreatif

b.            Inovatif

4.      Bagaimanakah cara menanamkan kreatifitas pada setiap individu?

5.      Buatlah 2 contoh kegiatan siswa SMK yang mencerminkan kreatifitas!

6.      Sebutkan 5 cara meningkatkan semangat kerja!

7.      Berikan 5 alasan mengapa semangat kerja itu penting bagi wirausaha!

 

B.     Kunci Jawaban

1.      Semangat wirausaha à sikap kejiwaan yang dimiliki oleh wirausaha untuk bekerja giat dengan mencurahkan segala macam kemampuannya sehingga dapat menjalankan dan mencapai tujuan usaha secara optimal

2.      –     keterbukaan pada pengalaman

-         keingintahuan

-         menerima dan menyesuaikan yang kelihatan berlawanan

-         dapat menerima perbedaan

-         melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa

-         independent dalam pertimbangan, pemikiran dan tindakan

-         percaya pada diri sendiri

-         tekun

-         mau mengambil resiko yang telah diperhitungkan

3.      – kreatif à kemampuan membuat kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antara variabel data dan unsur yang sudah ada sebelumnya

-   efisiensi kerja à segala sesuatu yang dapat dikerjakan dengan berdaya guna atau segala sesuatu yang dapat diselesaikan dengan tepat, cepat, hemat, dan selamat

4.      – menggunakan akal sehat

-   menghapus perasaan keragu-raguan

-   mengenali lingkungan

-   mengembangkan perspektif fungsional

5.      – Para siswa SMK membuat sepatu roda, yaotu gabungan sepatu dan roda

-   Seorang siswa SMK membuat piramida, gedung, mobil-mobilan, dll dari batang korek api

6.      – menerapkan kreatifitas dan inovasi

-   berjiwa mandiri

-   bekerja secara efektif dan efisien

-   Selalu ingin maju

-   Inovasi

7.      – Pekerjaan lebih cepat diselesaikan

- Kerusakan dapat dikurangi

- Tercapai efisiensi kerja

- Tercapai produktifitas kerja yang tinggi

- Lebih cepat mencapai kemajuan usaha

 

C.     Pedoman Penilaian

No 1 = 5, no 2 = 5, no 3 = 10, no 4 = 10, no 5 = 10, no 6 = 5, no 7 = 5

Jumlah skor x 10

5

 

 

 

Karawang

Mengetahui

Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP

 

 

 

 

 

Drs. Ita Sugiono                                         Drs. Dian K Mardiana

NIP                                                              NIP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s