jump to navigation

Cara Mengatasi Anak Didik yang Nakal Desember 28, 2011

Posted by TouringBiker in Troubleshooting Guru.
Tags: , , , , , , ,
trackback

 

 

Terkadang dalam kegiatan belajar mengajar terdapat salah satu anak yang berbuat iseng / nakal di dalam kelas / sekolah . jangan sampai kita sebagai pendidik salah dalam menangani hal tersebut karena akan berdampak kepada anak didik kita bahkan hingga mereka dewasa . ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sebagai guru untuk mengatasi anak didik kita yang nakal di kelas / sekolah yaitu :

1.      Beri mereka tanggung jawab

Banyak hal yang membuat anak didik kita menjadi nakal di kelas salah satunya karena mereka tidak memiliki sesuatu hal yang dapat menyibukkan diri mereka maka dengan diberikan tanggung jawab misal seperti mencatat siswa yang nakal dikelas , menjadi ketua kelas , atau hanya sekedar menghapus papan tulis . hal ini cukup mampu untuk “menjinakkan” mereka.

2.      Beri mereka perhatian lebih

Terkadang kenakalan / kegaduhan yang mereka lakukan sebenarnya semata-mata hanya untuk mendapatkan perhatian dari kita . maka ada baiknya kita bercengkrama dengan mereka barang se menit saja untuk menunjukkan perhatian kita dan mengetahui penyebab problem dari anak tersebut sehingga anak tersebut merasa diperhatikan dan kita bisa menemukan solusi dalam menangani anak tersebut.

3.      Menciptakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menarik

Dengan kegiatan pembelajaran yang menarik akan membuat anak didik yang nakal menjadi tertarik dan mengikuti pelajaran dengan antusias . karena kebanyakan anak didik kita melakukan kenakalan di kelas dikarenakan pembelajaran yang membosankan atau juga anak tersebut tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru . maka tugas kita adalah untuk menciptakan KBM yang menarik dan aktif namun tetap dapat membuat anak didik memahami materi yang diajarkan sehingga antusiasme anak didik kita terhadap pelajaran kita tinggi .

4.      Buat peraturan yang jelas di dalam kelas

Hal ini penting mengingat jika tidak ada peraturan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan di dalam kelas siswa dapat lepas kendali . sebaiknya kita libatkan siswa dalam membuat peraturan tersebut . hal ini lebih efektif dibandingkan kita membuat sendiri peraturan tersebut. Sehingga ketika terjadi kesalahan murid tersebut bisa mengetahui kesalahannya dan memperbaikinya.

 

Beberapa cara tersebut mampu mengatasi perilaku nakal murid yang nakal di dalam kelas / sekolah . sangat mengharapkan kritik dan saran guna menambah wawasan dalam mendidik siswa kelak .

Komentar»

1. Ðian - Juli 16, 2012

Bagaimana jika yg nakaL bukan hanya 1 orang, Tp hampir 1 keLas. Bagaimana menanganinya?

Suka

XploreMyBrain - Oktober 5, 2012

Kita harus melihat karakteristik kelas itu sebelum menerapkan suatu strategi pembelajaran . jadi kondisikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kelas itu sehingga “kenakalan” siswa bisa difasilitasi . sebaiknya lebih dekat dengan siswa dan gunakan media pembelajaran yang menarik ya ! 😀 salam sukses

Suka

2. dewi citra - Oktober 29, 2012

di balik kenakalan mereka…saya tidak sepenuhnya menyalahkan mereka,malah saya jadi berpikir apa mungkin memang cara mengajar saya yang membuat mereka jenuh dan melemparkan kejenuhan tersebut dengan kenakalan mereka?
pertanyaan saya,bagaimana kalau nakal nya itu dengan cara mengobrol,apa yang harus saya lakukan untuk memperingati kebiasaan mereka (mengobrol)?

Suka

XploreMyBrain - Oktober 29, 2012

jika sperti itu sebaiknya di sela2 jam pelajaran atau waktu istirahat coba dekati dia dan selami dunianya . jangan langsung masuk ke point agak tidak mengganggu psikis anak, basa basi sedikit jika anak sudah mulai merasa nyaman maka kita bisa menasehatinya secara halus tanpa menyakiti perasaan mereka . jika yang mengobrol hampir seluruh kelas maka kita harus membuat suatu kegiatan belajar yang dapat menarik perhatian mereka , seperti game dll .

Suka

3. dedy - Desember 12, 2012

Cara mengatasi murid yang kurang sopan n melawan guru ginana…

Suka

XploreMyBrain - Desember 19, 2012

untuk itu sebaiknya kita introspeksi diri kita dahulu , setelah itu model pembelajaran yang kita lakukan cocok tidak dengan karakteristik siswa . jika hanya satu atau dua orang yang melawan kita bisa memberikan punishment bisa dengan pemanggilan orang tua atau dengan strap dan pemberian tugas . jangan maen fisik ya 🙂

Suka

4. kusuma hakim - April 15, 2013

gimana utk kls 1 SD..yg sy alami d kls da beberapa biang knakalan dg spesialisasi masing2..ada yg jago mukuln teman..ada yg jago mempengaruhi tmn2 y utk gaduh..ada yg spesialis muter2 kls n ngjailn stiap tmn yg d singgahi y..ada yg gampang emosional n klo dah kpancing,bangku n meja d kls d brantakn..ada yg sneng pake alat tls tmn y, n maksa utk minjem,pdhal dy pny n bw jg..mrk b’aksi b’samaan..sdangkn d kls ada anak yg lom bs baca n anak yg kurang dlm menangkap pelajarn yg hrz slalu d bimbing ktika d beri tgs..gmn solusi y?

Suka

XploreMyBrain - Mei 1, 2013

Metode pembelajarannya pake apa ? sesuaikan dengan kondisi dan karakteristik kelas. Sikap dan cara mengajarnya pun harus sesuai dengan kondisi kelas jadi butuh sedikit ketegasan dari guru, mungkin bisa dicoba menciptakan kondisi kelas yang lebih fun dengan game2 edukatif sehingga fokus siswa ke guru bukan ke hal lain

Suka

5. Nur Aini - September 2, 2013

bagaimana cara menghadapi anak yg aktif dan selalu mencari perhatian tmn dan gurunya sehingga seringkali membuat konsentrasi belajar menurun dan satu lagi ada anak yg tangan’a suka berbuat tdk baik kpd teman’a namun orangtua’a selalu membela anak’a. apa yg harus dilakukan ? mohon berbagi saran’a
mksh sblmnya….
(unk ank tk b)

Suka

XploreMyBrain - Oktober 22, 2014

beri pengertian kepada anak tersebut dan juga beri ekstra perhatian di dalam dan luar kelas serta bekerja sama dengan orangtua tentang kondisi anak tersebut .

Suka

6. rochman - Februari 28, 2015

bagaimana ya, cranya ngadapi anak yg mengeluh hukuman yg sudah disepakati oleh temennya, sampai sampai lapor pada orang tuanya/?

Suka

TouringBiker - Oktober 30, 2015

berikan penjelasan kepada wali murid bahwa punishment yang kita berikan demi kebaikan si anak didik . selama itu rasional dan ga aneh-aneh sy yakin wali murid akan memahami

Suka


Tinggalkan komentar